Kurikulum

Program Kerja Kurikulum SMAN 1 Dramaga, yang dapat menjadi panduan bagi sekolah dalam menyusun rencana kegiatan kurikulum yang komprehensif untuk mendukung proses pembelajaran dan perkembangan siswa. Program ini melibatkan berbagai aspek dari perencanaan hingga evaluasi yang berkaitan dengan kurikulum di sekolah.


PROGRAM KERJA KURIKULUM

SMAN 1 Dramaga
Tahun Ajaran 2024/2025

I. Pendahuluan

Program Kerja Kurikulum ini disusun sebagai pedoman untuk melaksanakan proses pembelajaran yang berkualitas di SMAN 1 Dramaga. Program ini bertujuan untuk memastikan bahwa kurikulum yang diterapkan dapat memenuhi kebutuhan pendidikan peserta didik serta mematuhi kebijakan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

II. Visi dan Misi Kurikulum

  • Visi: Menjadi lembaga pendidikan yang unggul dalam menciptakan siswa yang berkarakter, berkompeten, dan siap menghadapi tantangan global.
  • Misi:
    1. Menyediakan pendidikan yang berbasis pada kurikulum yang relevan dan terintegrasi.
    2. Mengembangkan potensi siswa dalam bidang akademik, olahraga, seni, dan keterampilan hidup.
    3. Meningkatkan mutu pendidikan melalui evaluasi dan pengembangan berkelanjutan.
    4. Menumbuhkan sikap tanggung jawab, disiplin, dan jiwa kepemimpinan pada siswa.

III. Tujuan Program Kerja Kurikulum

  • Menjamin tercapainya standar kompetensi lulusan yang ditetapkan oleh Kemendikbudristek.
  • Menyusun dan mengimplementasikan kurikulum berbasis kecakapan abad 21 (4C: Critical thinking, Communication, Collaboration, Creativity).
  • Mengoptimalkan pengembangan karakter dan soft skills siswa dalam pembelajaran.
  • Meningkatkan kualitas guru dan tenaga pengajar melalui pelatihan dan workshop.
  • Menerapkan teknologi dalam pembelajaran untuk mendukung sistem pendidikan yang lebih efektif dan efisien.

IV. Program Kerja Kurikulum Tahun Ajaran 2024/2025

1. Perencanaan Kurikulum

  • Kegiatan 1.1: Penyusunan Rencana Pembelajaran Tahunan (RPT) dan Rencana Pembelajaran Mingguan (RPM).
    • Tugas: Setiap guru mata pelajaran menyusun RPT dan RPM berdasarkan Kurikulum Merdeka.
    • Waktu: Minggu pertama setiap semester.
    • Penanggung jawab: Koordinator Kurikulum.
  • Kegiatan 1.2: Penyusunan Jadwal Pelajaran.
    • Tugas: Menyusun jadwal pelajaran berdasarkan mata pelajaran yang sudah disusun di RPT.
    • Waktu: Awal tahun ajaran dan akhir semester.
    • Penanggung jawab: Kepala Sekolah, Koordinator Kurikulum.

2. Pengembangan Profesionalisme Guru

  • Kegiatan 2.1: Pelatihan dan Workshop Guru.
    • Tujuan: Meningkatkan kompetensi guru dalam mengimplementasikan kurikulum berbasis keterampilan abad 21.
    • Bentuk: Workshop pengelolaan kelas, penggunaan teknologi dalam pembelajaran, dan peningkatan pengajaran berbasis literasi.
    • Waktu: Setiap semester (minimal 2 kali setahun).
    • Penanggung jawab: Kepala Sekolah, Koordinator Kurikulum, Tim Pengembangan Profesi.
  • Kegiatan 2.2: Penguatan Penggunaan Teknologi Pembelajaran.
    • Tujuan: Meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam menggunakan teknologi dalam pembelajaran.
    • Bentuk: Pelatihan penggunaan platform pembelajaran digital seperti Google Classroom, Moodle, dan aplikasi pendukung lainnya.
    • Waktu: Setiap semester.
    • Penanggung jawab: Koordinator TIK, Kepala Sekolah.

3. Implementasi Kurikulum

  • Kegiatan 3.1: Pembelajaran Tematik dan Interdisipliner.
    • Tugas: Implementasi pembelajaran berbasis proyek atau tematik yang mengintegrasikan berbagai mata pelajaran untuk memberikan pengalaman yang lebih nyata kepada siswa.
    • Waktu: Setiap semester.
    • Penanggung jawab: Guru Mata Pelajaran, Koordinator Kurikulum.
  • Kegiatan 3.2: Penerapan Kurikulum Merdeka.
    • Tugas: Penggunaan kurikulum yang fleksibel untuk memberikan kebebasan kepada siswa dalam memilih jalur pembelajaran sesuai minat dan bakat.
    • Waktu: Setiap semester.
    • Penanggung jawab: Koordinator Kurikulum, Kepala Sekolah.

4. Penilaian dan Evaluasi

  • Kegiatan 4.1: Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS).
    • Tugas: Menyusun dan melaksanakan UTS dan UAS untuk mengukur capaian kompetensi siswa.
    • Waktu: Tengah dan akhir semester.
    • Penanggung jawab: Koordinator Ujian, Guru Mata Pelajaran.
  • Kegiatan 4.2: Penilaian Otentik dan Portofolio.
    • Tugas: Menggunakan berbagai metode penilaian seperti observasi, penilaian proyek, portofolio, dan penilaian kinerja untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang perkembangan siswa.
    • Waktu: Sepanjang tahun ajaran.
    • Penanggung jawab: Koordinator Kurikulum, Guru Mata Pelajaran.

5. Pengembangan Kurikulum

  • Kegiatan 5.1: Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Kurikulum.
    • Tugas: Melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan kurikulum untuk memastikan kualitas dan relevansi pembelajaran.
    • Waktu: Setiap semester.
    • Penanggung jawab: Koordinator Kurikulum, Kepala Sekolah.
  • Kegiatan 5.2: Penyusunan Laporan Evaluasi Kurikulum.
    • Tugas: Menyusun laporan evaluasi yang mencakup analisis capaian kurikulum dan rekomendasi perbaikan.
    • Waktu: Akhir tahun ajaran.
    • Penanggung jawab: Koordinator Kurikulum, Kepala Sekolah.

6. Pengembangan Karakter dan Kegiatan Ekstrakurikuler

  • Kegiatan 6.1: Pembinaan Karakter Siswa.
    • Tugas: Melaksanakan kegiatan pembinaan karakter seperti pelatihan kepemimpinan, kedisiplinan, dan tanggung jawab.
    • Waktu: Setiap bulan.
    • Penanggung jawab: Guru Pembimbing, Kepala Sekolah.
  • Kegiatan 6.2: Penyelenggaraan Kegiatan Ekstrakurikuler.
    • Tugas: Menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung minat dan bakat siswa, seperti olahraga, seni, dan kewirausahaan.
    • Waktu: Sepanjang tahun ajaran.
    • Penanggung jawab: Pembina Ekstrakurikuler, Koordinator Kurikulum.

V. Jadwal Kegiatan Program Kerja Kurikulum

Kegiatan Waktu Pelaksanaan Penanggung Jawab
Penyusunan RPT dan RPM Minggu pertama semester Koordinator Kurikulum
Penyusunan Jadwal Pelajaran Awal semester Kepala Sekolah, Koordinator Kurikulum
Pelatihan dan Workshop Guru Semester 1 & 2 Kepala Sekolah, Koordinator Kurikulum
Pembelajaran Tematik dan Interdisipliner Setiap semester Guru Mata Pelajaran, Koordinator Kurikulum
Penerapan Kurikulum Merdeka Setiap semester Koordinator Kurikulum, Kepala Sekolah
UTS dan UAS Tengah dan akhir semester Koordinator Ujian, Guru Mata Pelajaran
Penilaian Otentik dan Portofolio Sepanjang tahun ajaran Guru Mata Pelajaran, Koordinator Kurikulum
Monitoring dan Evaluasi Kurikulum Setiap semester Koordinator Kurikulum, Kepala Sekolah
Pembinaan Karakter dan Ekstrakurikuler Setiap bulan Guru Pembimbing, Kepala Sekolah
Kegiatan Ekstrakurikuler Sepanjang tahun ajaran Pembina Ekstrakurikuler, Koordinator Kurikulum

VI. Penutup

Program Kerja Kurikulum ini dirancang untuk memastikan bahwa setiap aspek kurikulum di SMAN 1 Dramaga dilaksanakan dengan baik, demi mencapai tujuan pendidikan yang berkualitas. Semua pihak terkait diharapkan dapat bekerja sama dan berkomitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah ini.


Demikian Program Kerja Kurikulum ini disusun, semoga dapat menjadi panduan yang efektif untuk kemajuan pendidikan di SMAN 1 Dramaga.

Dadan Hamdani, M.Pd

Dadan Hamdani, M.Pd

Wakil kepala Sekolah Kurikulum
Siti Hamidah, S.Pd

Siti Hamidah, S.Pd

Staf Kurikulum
Dodi Dharmanto, S.Kom

Dodi Dharmanto, S.Kom

Staf Kurikulum
Dadan Sukmana, A.Md.Si.Ak

Dadan Sukmana, A.Md.Si.Ak

Administrasi Kurikulum